Perbandingan Jenis Tabungan Syariah dan Konvensional

Blogger Help Forums Forums The Lounge General Chat Perbandingan Jenis Tabungan Syariah dan Konvensional

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Febriani Sinta Ramandani 1 year, 2 months ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #4437

    Seperti yang Kita tahu, saat ini ada dua jenis bank yang dibedakan berdasarkan sistem dan prinsip pengelolaannya, yaitu bank syariah dan bank konvensional. Keduanya sama-sama memberikan aneka macam pilihan produk perbankan yang bermanfaat bagi para nasabah, terutama dalam hal penyimpanan uang atau tabungan. Tapi sesuai prinsipnya, kedua jenis bank tersebut memberikan pelayanan yang berbeda satu sama lain pada nasabah. Berbagai perbandingan terlihat jelas dari konsep pengelolaan jenis tabungan syariah dan jenis tabungan konvensional.

    Perbedaan dan perbandingan antara kedua jenis bank tersebut patut diperhatikan dan dipertimbangkan oleh setiap lapisan masyarakat yang berencana untuk menabung di bank. Meskipun sama-sama menyediakan produk tabungan dalam bentuk giro, deposito dan lain sebagainya, tetap saja dasar pengelolaan dan prinsip yang berbeda diantara keduanya harus Anda ketahui agar tidak salah dalam menentukan pilihan. Sebab, menyimpan uang atau membuka tabungan di bank sudah menjadi salah satu hal yang tak bisa dihindari oleh berbagai lapisan masyarakat sehingga memilih produk tabungan yang terbaik patut dilakukan.

    Ada beberapa poin yang menjadi perbedaan antara produk tabungan bank syariah dengan bank konvensional. Perbandingan diantara keduanya antara lain terletak pada:

    •Akad.

    Bank syariah melakukan akad dalam setiap transaksi pembukaan rekening tabungan sebagai tanda serah terima atau perjanjian titipan uang, berbeda dengan bank konvensional yang tidak menggunakan prinsip akad manapun dalam pelaksanaannya.

    •Imbalan.

    Bank konvensional menjanjikan bunga sejak awal pada nasabah, sedangkan bank syariah mengandalkan sistem bagi hasil yang bijaksana.

    •Unsur halal/haram.

    Bank syariah menerapkan prinsip agama islam yang bebas riba sehingga keamanan dan kehalalan setiap pengelolaannya dapat dipertanggungjawabkan.

    Beberapa hal di atas dapat menggambarkan perbandingan antara jenis tabungan syariah dengan tabungan biasa dari bank konvensional. Pada dasarnya, Anda bisa memilih dan menentukan produk tabungan yang akan dipilih sesuai masing-masing pertimbangan. Namun bagi masyarakat islam yang ingin mendapatkan fasilitas perbankan yang aman, halal dan mengutamakan prinsip agama dalam pengelolaannya, maka tabungan syariah adalah pilihan yang paling tepat.

     

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.